Hubungi Kami SMS whatsapp
Aturan Baru SIM C Baru Berlaku Tahun Depan - Isuzu Surabaya - Isuzu Surabaya
Isuzu Surabaya

Dealer Resmi Isuzu Surabaya

Menu

Aturan Baru SIM C Baru Berlaku Tahun Depan

Jumat, April 8th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Seharusnya penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C terbaru telah diberlakukan mukai April 2016. Namun, karena urusan izin ke pemerintah pusat masih menggantung, jadi terpaksa diundur.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, sebab ada dua aturan yg harus diperbaiki dan dipelajari ulang.

“Sekarang kami sedang menunggu revisi semuanya. Targetnya paling lambat akan diberlakukan tahun depan,” ujar Condro menjawab pertanyaan KompasOtomotif, di sela-sela acara kunjungan di Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).

Menurut Condro, dari peraturan yg telah dibuat ternyata ada yg tak sesuai. Namun, ia tak dapat menjelaskan detail, karena sifatnya cukup rahasia.

“Mudah-mudahan dapat cepat, tapi targetnya memang menjadi tahun depan,” ucap Condro.

Nantinya, seandainya telah berlaku SIM C dikelompokkan menjadi tiga kategori yakni SIM C, C1, dan C2. SIM C itu sendiri menjadi dasar atau bagi sepeda motor dengan kapasitas mesin maksimal 250 cc, C1 motor di atas 250 cc, dan C2 di atas 500 cc.

Namun, bagi mendapatkan SIM C1 dan C2, pengguna motor wajib memiliki SIM C terlebih dulu. Sebab, SIM C itu sifatnya sebagai dasar. Setelah itu, bikers akan melewati tahap ujian yg berdasarkan kapasitas motor miliknya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Pameran Otomotif Nasional 2016

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Aturan Baru SIM C Baru Berlaku Tahun Depan

Jumat 22 Januari 2016 | Berita Otomotif

KOMPAS.com – Membeli mobil bekas, hati-hati bisa kendaraan bekas terendam banjir. Jangan sampai kepingin untung malah buntung gara-gara tergiur harga murah, tapi belakangan buang uang bagi…

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) kendaraan The All New Fortuner dari 60% menjadi 75%. “Peningkatan kandungan…

Kamis 10 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Penjualan sepeda motor sepanjang November dulu tercatat sebanyak 535.682 unit, atau 11 persen dibanding bulan sebelumnya. Selain karena faktor daya beli, sikap konsumen yg menunggu…