ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Aturan Baru SIM C Baru Berlaku Tahun Depan

Jumat, April 8th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Seharusnya penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C terbaru telah diberlakukan mukai April 2016. Namun, karena urusan izin ke pemerintah pusat masih menggantung, jadi terpaksa diundur.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, sebab ada dua aturan yg harus diperbaiki dan dipelajari ulang.

“Sekarang kami sedang menunggu revisi semuanya. Targetnya paling lambat akan diberlakukan tahun depan,” ujar Condro menjawab pertanyaan KompasOtomotif, di sela-sela acara kunjungan di Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).

Menurut Condro, dari peraturan yg telah dibuat ternyata ada yg tak sesuai. Namun, ia tak dapat menjelaskan detail, karena sifatnya cukup rahasia.

“Mudah-mudahan dapat cepat, tapi targetnya memang menjadi tahun depan,” ucap Condro.

Nantinya, seandainya telah berlaku SIM C dikelompokkan menjadi tiga kategori yakni SIM C, C1, dan C2. SIM C itu sendiri menjadi dasar atau bagi sepeda motor dengan kapasitas mesin maksimal 250 cc, C1 motor di atas 250 cc, dan C2 di atas 500 cc.

Namun, bagi mendapatkan SIM C1 dan C2, pengguna motor wajib memiliki SIM C terlebih dulu. Sebab, SIM C itu sifatnya sebagai dasar. Setelah itu, bikers akan melewati tahap ujian yg berdasarkan kapasitas motor miliknya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Pameran Otomotif Nasional 2016

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Aturan Baru SIM C Baru Berlaku Tahun Depan

Kamis 11 Februari 2016 | Berita Otomotif

Geneva, KompasOtomotif – Sedan Civic generasi kesepuluh telah diperkenalkan pada September dahulu dan tipe bodi kupenya sudah menyapa dunia pada November, kini Honda sedang menyiapkan…

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

Washington -Banyak pabrikan ketika ini sedang mengembangkan teknologi mobil otonom atau mobil tanpa sopir. Saat ini prototipe mobil otonom memang masih dikerjakan pengujian, belum diproduksi massal.…

Kamis 3 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kebijakan pemerintah terkait impor truk bekas kini jadi perbincangan Hangat di kalangan pebisnis otomotif Indonesia, tidak terkecuali mobil bekas. Salah satunya Chief Operating…