ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Asap Putih Pada Knalpot Mobil, Berbahayakah?

Selasa, Oktober 27th 2015.

Jakarta -Asap yg keluar dari knalpot mobil berwarna putih, Anda mungkin pernah melihatnya di dalam perjalanan. Atau bahkan Anda mengalaminya? Berbahayakah?

Dilansir dari salah sesuatu website resmi pabrikan mobil yg ada di Indonesia, asap putih yg keluar dari knalpot ternyata pertanda seandainya mobil tersebut mengalami persoalan pada mobil. Jika dibiarkan, hal ini bisa menjalar pada kerusakan-kerusakan yang lain pada mobil. Maka dari itu, tentu kewaspadaan wajib ditingkatkan seandainya mobil Anda berasap putih.

Ketika mobil Anda mengeluarkan asap putih namun tak terlalu banyak, Anda tak perlu khawatir, karena hal ini terjadi akibat hasil penumpukan kondensasi yg biasanya normal terjadi di sistem pembuangan. Lalu, apakah ada asap putih yg harus Anda diwaspadai?

Anda harus waspada seandainya banyak asap putih yg keluar dari knalpot, hal ini biasanya dikarenakan pembakaran pada mesin pendingin. Hal ini bisa memunculkan persoalan baru seperti kerusakan pada head cylinder dan keretakan pada cylinder block.

Biasanya bagian pendingin yg bocor adalah penyebab penting knalpot mengeluarkan asap putih. Oleh sebab itu, Anda harus rutin mengecek sistem pendingin. Dengan rajin mengecek, Anda bisa meminimalisir risiko overheating dan kerusakan-kerusakan yg lebih besar pada mesin.

Penyebab lainnya keluar asap putih dapat pula disebabkan dari PCV Valve yg mengalami kerusakan atau patah. PCV Calve yg mengalami kerusakan bisa membuat oli tersedot dari ruang mesin. Oli ini kemudian terbakar di ruang pembakaran.

Selain itu, asap putih dapat juga terjadi karena seal klep yg bocor. Anda bisa mengenali kerusakan ini seandainya asap putih dari knalpot muncul saat mesin kendaraan belum panas dan pada ketika mobil sedang melaju. Pastikan Anda mengecek seal klep dan memeriksa takaran oli bagi mengetahui ada atau tidaknya oli yg terbuang berlebihan.

Pada dasarnya asap putih atau asap hitam ini yaitu gejala awal kerusakan mesin. Untuk mencegah permasalahan ini dan mencegah kerusakan lebih lanjut, pastikan Anda terus merawat mesin secara berkala, serta gunakan suku cadang asli demi menghindari kerusakan mesin.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Asap Putih Pada Knalpot Mobil, Berbahayakah?

Minggu 7 Februari 2016 | Berita Otomotif

Hinckley -Akhir tahun lalu, Triumph sudah memperkenalkan berbagai model Bonneville terbaru. Kini produsen yang berasal Inggris tak mampu berkutik ketika tampilan Triumph Bonneville 900 cc terbaru…

Jumat 22 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kendaraan macam hatchback masih menjadi salah sesuatu pilihan penting masyarakat Indonesia. Selain ukurannya yg praktis, fitur yg menarik, pilihannya juga cukup beragam,…

Senin 14 Desember 2015 | Berita Otomotif

Detroit, KompasOtomotif – Saat kalian sedang menikmati kemajuan teknologi otomotif paling mutakhir, para insinyur selalu bergerak aktif memikirkan apalagi yg bakal dikatakan canggih di masa…