ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Apa Saja Manfaat “Engine Brake”?

Rabu, April 27th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah mengetahui bagaimana melakukan teknik engine brake, kini saatnya mengetahui manfaat melakukan cara tersebut. Tujuan positif yg pertama tentunya buat meringankan sistem rem pada roda, dan membuatnya menjadi lebih awet

“Tujuan engine brake adalah bagi keselamatan berkendara. Selain itu juga agar mampu menolong menahan laju kendaraan dengan tak cuma mengandalkan rem kaki,” tutur Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor kepada KompasOtomotif , Selasa (26/4/2016).

Iwan melanjutkan, seandainya berkendara di daerah pegunungan dengan banyak jalan menurun dan terus mengandalkan rem kaki, ada efek bahaya yg mulai ditimbulkan. Salah satunya, merupakan naiknya temperatur rem secara drastis.

“Karena itu, dikhawatirkan efektifitas rem menjadi berkurang karena overheating. Mencegah hal tersebut, solusinya merupakan dengan mempergunakan teknik engine brake dengan memposisikan transmisi di gigi rendah (1-3),” kata Iwan.

Jadi, kata Iwan, salah sesuatu manfaat engine brake merupakan menghindari kecelakaan akibat overspeed dan rem overheating, terlebih pada mobil berbadan besar.

“Kalo Anda perhatikan di Cipularang dari Bandung ke arah Jakarta, kemudian di jalan turunan landai dan panjang, terdapat rambu bertuliskan “Truk gunakan gigi rendah”. Maksudnya merupakan bantu rem Anda dengan engine brake,” kata Iwan.

Iwan menambahkan, pada dasarnya setiap kendaraan yg memiliki gear ratio, mampu melakukuan engine brake.Namun, pada  continuously variable transmission (CVT), efek nya relatif lebih kecil dibanding tipe transmisi manual dan automatic (AT) konvensional.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Apa Saja Manfaat “Engine Brake”?

Minggu 24 Januari 2016 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengungkap generasi terbaru crossover Outlander Sport (ASX di Jepang) bakal diluncurkan pada 2019. Informasi ini diungkap segera oleh…

Rabu 10 Februari 2016 | Berita Otomotif

Pada tahun 1932, Dr. J.A. Purves menciptakan Dynasphere, sebuah alat transportasi personal yg sayangnya harus menghilang ditelan jaman.Dynasphere sendiri memiliki tinggi sekitar 3 meter dan…

Jumat 29 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kepindahan Jorge Lorenzo ke Ducati telah pasti terjadi akan musim 2017. Pertanyaan selanjutnya yg masih belum terjawab adalah, siapa pengisi bangku kosong…