ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Apa Kata Direksi Ford Indonesia Terkait Opsi Tutup?

Selasa, Januari 26th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
 — Kabar mengejutkan tiba dari dunia otomotif Tanah Air. PT Ford Motor Indonesia (FMI) tiba-tiba mengumumkan penutupan kegiatan di Indonesia, Senin (25/1/2016). Tak cuma proses penjualan, seluruh aktivitas diler juga dihentikan.

KompasOtomotif berusaha menghubungi Presiden Direktur FMI Bagus Susanto, tapi tak tersambung. Konfirmasi pun meluncur dari suara Lea Kartika Indra, Direktur Komunikasi FMI. Kepada KompasOtomotif, Lea mengutarakan alasan di balik keputusan berat ini.

“Ford Motor Global berkomitmen melayani pasar global dan restrukturisasi bisnis di berbagai kawasan, termasuk Indonesia. Negara-negara dengan dinamika seperti Indonesia dianggap tak bisa bersaing secara efektif,” ucap Lea via sambungan telepon.

Menurut Lea, selama ini, FMI yg juga menjadi bagian dari Ford Motor Global telah mempelajari berbagai opsi secara saksama. Namun, akhirnya opsi pamungkas dan terburuklah yg diambil.

“Kami tak melihat jalur keuntungan berkesinambungan. Tidak adanya fasilitas produksi lokal, ditambah tak adanya kendaraan di segmen utama, membuat Ford sulit bersaing secara bisnis di Indonesia,” ujar Lea.

Tahun lalu, mobil Ford terjual 6.013 unit (ritel). Angka itu cuma mencicipi 0,6 pangsa pasar mobil di Indonesia. Melihat hal ini, Ford Motor Global menilai bahwa FMI tak cukup dikatakan sebagai perusahaan yg menguntungkan, dan membulatkan keputusan bagi menutup usaha di Indonesia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Ford Indonesia Tutup

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Apa Kata Direksi Ford Indonesia Terkait Opsi Tutup?

Selasa 17 November 2015 | Berita Otomotif

Los Angeles -Nissan Amerika Serikat mengumumkan mulai merilis Nissan Note versi Color Studio. Mobil yg diresmikan pada Los Angeles Auto Show 2015 ini memiliki dua aksen,…

Sabtu 12 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kendaraan dengan transmisi otomatis semakin diminati konsumen, khususnya yg tinggal di Ibu Kota. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan mengenal arti dan kegunaan huruf…

Minggu 3 Januari 2016 | Berita Otomotif

Washington, KompasOtomotif – Hingga ketika ini Honda Motor Co sudah mengonfirmasi total sembilan korban meninggal dunia terkait persoalan dengan kantong udara (airbag) Takata. Selasa, (29/12/2015),…