ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Apa Itu Istilah “Kickdown Pada Mobil Matik” ?

Minggu, Maret 13th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif –
Pada ketika melalui jalan menanjak, pengemudi mobil manual biasanya menurunkan gigi transmisi ke posisi lebih rendah, bagi mendapatkan torsi yg besar. Namun, tindakan mulai berbeda, ketika mengendarai mobil dengan transmisi otomatis (matik).

Pada macam mobil bertransmisi otomatis, ada istilah “kickdown”. Perilaku ini yaitu mekanisme buat mampu berakselerasi spontan dalam keadaan jalan menanjak. Setiap mobil matik, biasanya telah dilangkapi dengan perangkat ini.

Kickdown umumnya ada pada seluruh transmisi otomatis. Ini dibutuhkan buat mendapatkan akselerasi spontan, bahkan bagi mobil matik konvensional sekalipun, kami mulai mendapati adanya mekanisme tersebut,” ujar Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada KompasOtomotif, Kamis (10/3/2016).

Ichsan melanjutkan, tahapan kickdown ini terjadi secara otomatis, di mana ketika pengemudi menekan pedal gas secara cepat, maka gigi kecepatan pada transmisi matik mulai otomatis turun sesuatu tingkat terlebih dahulu, baru naik kembali. Untuk mendapatkan torsi saat menanjak.

“Cara kerja mekanisme ini, umumnya pengemudi cuma tinggal menginjak pedal gas secara cepat. Dengan itu, maka gigi secara otomatis turun sesuatu tingkat ke posisi gigi lebih rendah sehingga mendapat akselerasi yg cepat, khususnya ketika menanjak. Electronic Control Unit (ECU) transmisi matik, mulai mendeteksi hal ini dari perbandingan, antara rpm mesin dengan kecepatan kendaraan,” tutur Ichsan.

“Jadi dianjurkan bagi menerapkan kickdown, ketika berakselerasi atau berada di jalan tanjakan. Caranya, aku ulangi lagi, tekan saja pedal gas secara tiba-tiba dan penuh ketika menanjak, sehingga otomatis terjadi perpindahan gigi ke posisi lebih rendah,” ujar Ichsan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Apa Itu Istilah “Kickdown Pada Mobil Matik” ?

Kamis 3 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) tahun ini kembali melaksanakan Indonesia Road Safety Award (IRSA). Berbeda dengan sebelumnya, penganugrahan IRSA 2015 terdiri…

Selasa 27 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Milan, KompasOtomotif – Ducati memberi teaser dan petunjuk bahwa mulai ada keterangan baru—atau dapat jadi varian baru—Scrambler yg bakal meluncur di EICMA, Milan, November 2015…

Senin 4 April 2016 | Berita Otomotif

California -Tesla minggu dahulu merilis mobil listrik termurah yg mereka sebut Model 3. Mobil itu segera laris manis di Amerika. CEO Tesla Motors, Elon Musk menyampaikan…