Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

“All New” Fortuner VRZ A/T Berpetualang Di Kaki Merapi

Senin, Februari 1st 2016.

Yogyakarta, KompasOtomotif – Selang sepekan setelah diluncurkan resmi pada publik, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) menggulirkan kegiatan lanjutan, “All New Fortuner Journalist Test Drive” di Semarang-Yogyakarta, 28-30 Januari 2016. Pada kesempatan ini, Toyota cuma memboyong sesuatu model unggulan Fortuner terbaru, yakni VRZ A/T bagi dieksplorasi.

Langkah ini bukan tanpa alasan. Menurut Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM, generasi terbaru Fortuner ini telah terjual sekitar 1.700 unit, setelah seminggu diluncurkan, tepatnya Jumat (22/1/2016). Dari segala surat pemesanan kendaraan (SPK) yg masuk, dominasi berasal dari varian VRZ A/T. “Sekitar 60 persen itu VRZ A/T,” kata Henry di Yogyakarta, Kamis (28/1/2016) malam.

Dengan alasan ini, maka fokus ekspos TAM adalah pada varian terlarisnya, All New Fortuner VRZ A/T.

TAM Jalur sempit dengan kontur pasir berbatu jadi suguhan utama.

Kaki Merapi
Setelah perjalanan dan menginap semalam di Yogyakarta, kini datang saatnya merasakan sensasi pertama kali mengendarai “All New” Fortuner. KompasOtomotif mendapatkan kesempatan pertama duduk di balik kemudi. Destinasi yg dituju, adalah kaki Gunung Merapi, yg dikenal dengan sajian lintasan-lintasan ekstrem bagi dilintasi.

Perjalanan menuju kaki Gunung Merapi, juga cukup menantang. Jalan aspal berkelok dengan tanjakan tinggi, jadi menu utama. Memposisikan tuas transmisi di “D” sambil mengaktifkan moda berkendara, Power Mode, akselerasi Fortuner baru terasa lebih galak. Hentakan torsi begitu tebal, sangat terasa saat hendak “over-taking” kendaraan di depan.

Memasuki kaki Gunung Merapi, tantangan sebenarnya akan menyambut. Mesin baru GD 2.4 L VNT bertenaga 149 PS dan torsi puncak 40,3 Kgm pada 1.600-2.000 rpm bakal mendapat ujian serius. Bagaimana tidak, cuma mengandalkan sistem penggerak roda belakang (4×2), Fortuner baru harus menaklukan lintasan off-road, “makanan” sehari-hari jip 4×4 dan truk pengangkut pasir.

TAM Kubangan air cukup dalam, dilalui tanpa persoalan berarti.

Manuver
Masuk ke lintasan Merapi Tour, Fortuner cukup cakap diajak bermanuver. Meski bodinya bongsor, jalur sempit, ukuran sesuatu mobil pas, dengan karakter berkelok-kelok, mampu dengan gampang dilalui. Terkadang, lubang dalam, sampai kubangan air jadi kejutan. Lokasi tujuan pertama, adalah Museum Sisa Hartaku, salah sesuatu rumah warga yg menjadi korban erupsi Gunung Merapi, akhir September 2010 lalu.

Perjalanan berlanjut ke lokasi berjuluk, “Batu Alien”. Menuju lokasi, rombongan disuguhi jalan berbatuan dengan kontur tak stabil. Teknik berkendara sangat diuji di sini, tak boleh terlalu nafsu, tetapi juga bukan pelan. Rem mendadak saja, dapat membuat pijakan ban pada permukaan berbatuan “ndelosor”.

Guna memaksimalkan engine brake, tuas transmisi kalian posisikan di “S”, dengan memaksimalkan fungsi “paddle shift” di lingkar kemudi bagi menaikkan atau menurunkan posisi gigi. Upaya ini dikerjakan agar engine brake yg diinginkan optimal sesuai karakteristik turunan yg harus dilalui.

Melanjutkan ke lokasi selanjutnya, adalah Bunker, lokasi di mana banyak penduduk setempat yg meninggal dunia di dalamnya, ketika erupsi terjadi. Panas partikel perut bumi yg disemburkan Merapi tak berhasil dibendung oleh dinding bunker, yg mengakibatkan petaka buat para pengungsi.

TAM Melibas kubangan cetek jadi hiburan tersendiri selama di jalur Merapi Tour.

Menuju lokasi ini, rombongan wajib menaklukan tanjakan terjal menikung, dengan permukaan pasir gembur dan batu-batu berukuran kepala manusia. Satu per satu, peserta diminta bagi menjaga traksi lewat permainan pedal gas. “Jangan sampai gas kendor,” kata salah sesuatu pemandu acara.

Dengan goncangan cukup hebat di dalam kabin, karena kontur jalan yg rusak, tetapi Fortuner bisa menanjak sampai lokasi tujuan.

Masih ada sesuatu tujuan tersisa, yakni Kali Kuning, yg mulai kalian bahas pada artikel selanjutnya, lengkap dengan video.

Kesimpulan
Meski milik “tampang kota” generasi terbaru Fortuner milik kemampuan yg cukup mumpuni di lintasan “off-road”. Fortuner VRZ A/T  mampu dibilang cocok bagi keluarga yg ingin berpergian ke luar kota, melintasi dua jalan bukan aspal. Asal jalur yg dilalui tak terlalu ekstrem, sistem penggerak roda belakang (4×2) bekalannya masih cukup handal.

TAM Barisan All New Toyota Fortuner di kaki Gunung Merapi, Yogyakarta.

Kabin yg lebih nyaman, dengan kelengkapan fitur, khususnya di bangku kemudi, navigasi, moda berkendara, membuat SUV menengah ini sangat kompetitif. Bicara harga, All New Fortuner VRZ A/T di banderol, Rp 494 juta on the road Jakarta. Bagi yg telah mapan dan mau milik mobil bercitarasa kota tetapi lumayan tangguh, Fortuner ini dapat jadi alternatif.

Satu hal yg pasti, terus bandingkan dengan model sejenis dari merek yang lain sebelum menetapkan pembelian. Jangan sampai Anda kecewa di kemudian hari!

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article “All New” Fortuner VRZ A/T Berpetualang Di Kaki Merapi

Minggu 6 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Alat pembatas kecepatan alias polisi tidur yg tidak jarang dijumpai di jalan kadang kali menjengkelkan. Pasalnya yg kerap kali ditemui dibuat tak…

Selasa 22 Desember 2015 | Berita Otomotif

Dari 15 drifter Indonesia yg mengikuti kejuaraan International Achilles Asian Drifting Grand Prix 2015, seorang diantaranya berhasil merasih posisi ketiga. Digelar di Parkir Barat JIExpo…

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Daihatsu terkesan santai dan tanpa beban bila akhirnya gelar merek terlaris kedua di Indonesia yg digenggam sejak 2009 direbut Honda tahun ini.…