ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Airbag Untuk Motor Lebih Populer Di Masa Depan?

Selasa, Desember 22nd 2015.

Tokyo -Sistem airbag atau kantung udara memang telah marak digunakan di kendaraan roda empat. Namun, airbag bagi sepeda motor belum terlalu populer.

Saat ini ada dua sistem airbag yg disematkan di perangkat sepeda motor maupun pendukungnya. Airbag mampu ditemukan di jaket, wearpack atau motor seperti pada motor Honda Gold Wing.

Seperti dilansir Motorcyclist, Selasa (22/12/2015), sistem airbag telah digunakan sejak 1970. Namun masih membutuhkan waktu yg lama bagi menerapkan airbag pada sepeda motor.

Alasan utamanya adalah karena kesulitan memprediksi bagaimana posisi pengendara sepeda motor dalam peristiwa kecelakaan. Honda Gold Wing telah menerapkan airbag karena lebih gampang buat memprediksi posisi pengendara.

Tapi, Honda ingin melangkah lebih jauh. Sebuah desain paten yg diajukan menggambarkan motor Honda NC750S bakal menerapkan sistem airbag.

Perbedaan penting airbag motor ini dengan Gold Wing adalah bentuk dan ukurannya dengan desain yg lebih memanjang ke atas dan bentuk airbag seperti balon. Bentuk dan letak airbag ini diadopsi dari fakta bahwa saat pemotor mengalami tabrakan frontal, maka pemotor itu mulai terlempar ke atas dan lurus ke depan. Dengan adanya airbag ini, sebisa mungkin pemotor tida terlempar saat terjadi tabrakan frontal.

Bagian bawah airbag mulai melindungi dada dan perut pengendara buat memperlambat pergerakan pengendara ke depan sebelum kepalanya di tahan oleh airbag bagian atas. Dalam keadaan bertabrakan dengan mobil, di mana pemotor cenderung terlempar ke bodi mobil atau atasnya, bagian atas airbag kemungkinan menahan segala tubuh pemotor.

Sementara itu, sistem airbag ini dipicu oleh sensor di bagian bawah garpu ditujukan buat dampak tabrakan frontal, sama seperti pada Honda Gold Wing. Kecelakaan yang lain yg tak berdampak segera dari depan tak mulai memicu airbag bagi mengembang.

Akankah Honda serius buat memperluas penggunaan airbag bagi sepeda motor?

(rgr/lth)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Airbag Untuk Motor Lebih Populer Di Masa Depan?

Selasa 26 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Captain seat digolongkan jadi fitur mewah, maka itu biasanya cuma ada pada model MPV varian tertinggi. Tapi jangan khawatir untuk yg tertarik,…

Jumat 26 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Honda RC213V-S, motor versi jalanan dari MotoGP Honda yg mampu ditunggangi hadir di Jakarta. Pihak Astra Honda Motor mengaku motor tersebut dapat dibeli di Indonesia.…

Selasa 22 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Percaya atau tidak, tetapi seorang amatiran bisa membangun sebuah mobil kemudi otomatis. Seperti apa? Bloomberg melansir, seorang peretas bernama George Hotz membangun sebuah…