Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

AHM Berusaha Bertahan Tanpa PHK

Jumat, Februari 19th 2016.

Bogor, KompasOtomotif – Belakangan ini, sejumlah sektor industri, termasuk otomotif sedang diterpa gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK). Meski kondisinya sulit, PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen terbesar di Indonesia, dengan 23.000 orang karyawan berusaha bertahan dan tak ikut arus.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya. Menurutnya, keadaan pasar yg tengah turun itu tak mulai berlangsung lama. Sebab, permintaan sepeda motor di Indonesia itu sebanrnya cukup besar dan dapat pulih.

“Kalau ada yg keluar itu cuma pegawai kontrak. Itu kan wajar, namanya kontrak selesai kontrak dievaluasi, seandainya bagus menjadi karyawan tetap, tapi seandainya hasilnya jelek diganti. Jangankan di 2015, setiap tahun juga ada saja yg seperti itu,” ujar Margono di sela-sela acara test ride All New Honda CBR150R di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

Meski keadaan perekonomian sedang tak apik, lanjut Margono, AHM terus berusaha semaksimal mungkin buat tetap bertahan dan menganggap segala karyawannya sebagai aset penting. Sehingga, ttanpa perlu PHK dan semua aktivitas mampu tetap berjalan dengan sesuai dengan rencana.

“Tahun lalu, keadaan ekonomi tak bagus, tapi buktinya kami tak melakukan PHK, justru semua kegiatan kalian berjalan dengan lancar, peluncuran produk dan perakitan di pabrik tetap berjalan. Bahkan, kalian sedang menyiapkan lagi pabrik kelima,” kata Margono.

Saat ini AHM memiliki empat fasilitas pabrik perakitan. Pabrik pertama berlokasi di Sunter, Jakarta Utara yg juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke beberapa ada di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pabrik ke tiga di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ke empat di Karawang.

Pabrik terakhir ini yaitu fasilitas perakitan terbaru yg akan beroperasi sejak 2014. Dengan keseluruhan fasilitas ini, PT AHM memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor per-tahunnya. Salah sesuatu puncak prestasi yg berhasil diraih PT AHM adalah pencapaian produksi ke-40 juta pada 2013. Ini yaitu prestasi pertama yg berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan di ASEAN.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article AHM Berusaha Bertahan Tanpa PHK

Minggu 6 Desember 2015 | Berita Otomotif

Semarang – Piaggio Indonesia (PID), sebagai Agen Pemegang Merek (APM) skuter ikonis Vespa dan Piaggio serta Moto Guzzi dan Aprilia, kembali memperluas jangkauan dengan membuka…

Jumat 6 November 2015 | Berita Otomotif

Valencia, KompasOtomotif — Jorge Lorenzo meminta maaf sudah memberikan gestur mengangkat jempol tangan ke bawah ketika rekan setim di Yamaha Movistar, Valentino Rossi, mengangkat piala sebagai…

Sabtu 30 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Tiap-tiap negara milik masyarakat dengan keinginan yg berbeda-beda dalam memilih macam kendaraan sehari-hari. Ini sama seperti selera makan, misalnya Indonesia yg lebih doyan…