Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ada Apa Dengan Esemka Dan Geely?

Selasa, Maret 22nd 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Selain mendirikan pabrik di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE) ternyata juga menyiapkan fasilitas yang lain di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KompasOtomotif telah melakukan observasi segera ke lapangan dan memang menemukan fakta-fakta penunjang.

Sumber KompasOtomotif yang mengetahui rencana ini mengatakan, memang ada kerja sama antara PT Geely Mobil Indonesia (GMI) dengan Esemka, tapi tak jelas seperti apa bentuk kerjasamanya.

“Tempatnya sewa milik Geely (merek mobil yang berasal China),” ucap sumber itu.

Namun, saat mencoba digali lebih dalam menyangkut hubungan antara Esemka dengan Geely, sumber itu mengaku tak terlalu paham. Satu-satunya bocoran yg diperoleh cuma seputar rencana fasilitas kedua ACE di Bogor dan sewa dengan GMI.

“Saya tak mampu bicara banyak, karena itu tak paham dan itu hasil kesepakatan pihak PT ACE,” kata sumber itu.

Ghulam/KompasOtomotif Jalan masuk menuju pabrik mobil Esemka.

Gayung pun bersambut, saat KompasOtomotif berbincang dengan Presiden Direktur Geely Mobil Indonesia (GMI) Hosea Sanjaya. Via pesan elektronik, Hosea mengatakan, menyampaikan bahwa pihaknya tengah menyiapkan pabrik perakitan baru di Cileungsi.

“Kita mulai berkembang dan ikut membangun industri di Indonesia,” kata Hosea kepada KompasOtomotif belum lama ini.

Hosea melanjutkan, pabrik perakitan terbarunya itu mulai berdiri di tanah seluas 35 hektare. Lantas, saat ditanyakan ada kerjasama dengan PT ACE, Hosea masih malu-malu dan memilih buat menahan informasi.

“Nanti kami atur waktu yg pas bagi bertemu,” ucap Hosea tanpa menyebutkan kapan waktu tepatnya.

Investigasi

Berbekal penasaran, KompasOtomotif pun melakukan investigasi ke lokasi pabrik Geely. Benar saja, di depan pintu masuk pabrik telah terpampang papan nama “PT Adiperkasa Citra Esemka Hero”.

Pabrik tersebut berada di jalan Cipeucang Kelapa Nunggal, Kampung Ciuncal, Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Sayang KompasOtomotif tak diperbolehkan masuk ke dalam, sehingga cuma sebatas di pos Satpam setelah gerbang utama.

“Mohon maaf keperluannya apa dan seandainya tak ada rekomendasi dari pihak kantor tak mampu masuk hingga ke dalam, cukup sampai di sini saja,” ujar petugas kemanan di pabrik Geely.

Ghulam/KompasOtomotif Papan bertuliskan Esemka yg telah dipasang di pertigaan Cipeucang, Cileungsi, Bogor.

Menurut Satpam itu, di dalam tak ada aktivitas perakitan mobil. Tempat ini telah lama cuma menjadi gudang penyimpanan mobil Geely. Namun, sedang ada pemerataan tanah di belakang lokasi ini.

“Kalau proses produksi memang belum ada, cuma gudang saja. Mobil itu telah lama disimpan, kalau rumputnya pajang mobil dipindahkan dan setelah dipotong, mobil kembali ke posisi semula. Jumlah mobil Geely yg ada di sini ratusan,” kata penjaga keamanan itu.

Setelah berkunjung ke pabrik itu, KompasOtomotif mencoba menghubungi Hosea, baik itu pesan singkat atau sambungan telepon tak dijawabnya.

Ada spekulasi menyatakan, kalau Esemka mulai memanfaatkan fasilitas di Cileungsi sebagai perakitan komponen pendukung perakitan di Boyolali. Informasi ini menguat dengan fakta yg tertulis pada plang bertuliskan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, Factory and Spareparts Center, River Green Industrial Complex di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, lokasi ini mampu juga dimanfaatkan sebagai lokasi stock yard (pengepul stok) bagi distribusi ke segala Indonesia via Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ada Apa Dengan Esemka Dan Geely?

Kamis 24 Desember 2015 | Berita Otomotif

Munich -Produsen Bayerische Motoren Werke AG alias BMW, disinyalir tengah mempersiapkan mobil listrik terbaru yg bakal disapa i6. Mobil kelahiran Jerman ini pun mulai menjadi anggota…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Mobil macam Low MPV (Multi Purpose Vehicle) boleh saja menguasai pasar, namun ternyata ketika penjualan mobil menciut, mobil SUV justru menguat. Mengutip data penjualan Gabungan…

Rabu 24 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Tren mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) nampaknya akan berkembang pada 2016. Bahkan Mercedes-Benz Indonesia menyebut tahun ini sebagai tahunnya SUV. Sales and Marketing…