Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

7 Tips Memilih Helm Yang Tepat

Sabtu, Desember 26th 2015.

Jakarta -Helm atau pelindung kepala yaitu sebuah perlengkapan yg sangat penting, maka sebaiknya setiap orang teliti ketika membeli sebuah helm.

Menurut Frans Lee, dari Cargloss Proriders yg yaitu distributor merk helm Arai di Indonesia, seringkali orang tak melihat helm sebagai alat pelindung yg utama dan itu yaitu suatu kesalahan.

“Helm yaitu perlengkapan wajib berkendara bagi menjaga keselamatan, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar mampu menjaga keselamatan kepala anda ketika terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya,” ujarnya.

Di Indonesia, lanjut Frans, kewajiban memakai helm sebenarnya telah dicetuskan oleh Kepala Kepolisian Hoegeng pada awal tahun 1970-an, tapi mendapat penolakan yg cukup keras ketika itu.  Pada akhirnya berdasarkan Undang Undang No.14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib untuk para pengendara motor.

Kini malah, helm wajib memiliki standar mutu SNI. Nah berikut 7 tips memilih helm dari Cargloss Proriders:

1. Pastikan memilih helm yg sesuai dengan ukuran kepala, tak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, pengguna helm  mulai merasa sakit dibagian kiri, kanan dan atas kepala. Apabila terlalu longgar, pengguna tak mulai merasa nyaman  karena helm mulai bergerak  pada ketika tertiup angin. Selain itu helm yg longgar  mulai berbahaya pada ketika terjadi benturan.

2. Pilihlah helm yg bahan shellnya keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat utama bagi perlindungan maksimal.

3. Pilihlah helm yg melindungi segala bagian tempurung kepala, pilihlah helm full face atau minimal open face karena tipe helm ini yg paling maksimal melindungi kepala anda ketika berkendara.

4. Pilihlah helm dengan bagian dalam/inner yg lembut, pilihlah bahan dari kain yg sangat lembut dengan kemampuan maksimal buat menyerap keringat. Bahan yg lembut mulai membuat anda menjadi lebih nyaman menggunakan helm walaupun dalam waktu yg lama.

5. Pilihlah helm dengan lapisan pengaman dalam  yg tebal, hal ini buat mengimbangi bagian luar helm yg keras, bagian dalam yg tebal mampu meredam benturan dengan benda keras yang lain yg mungkin saja terjadi.

6. Pilihlah helm dengan tali pengikat yg kuat, tali pengikat yg kuat sangat utama agar helm tak gampang terlepas dari kepala pada saat  pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

7. Pilihlah helm yg telah memenuhi standar yg ditentukan. Helm yg telah memenuhi standar keamanan berarti telah melewati proses uji, sehingga anda mulai merasa lebih aman memakai helm tersebut.

Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah
Foto: Rangga Rahadiansyah

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article 7 Tips Memilih Helm Yang Tepat

Selasa 9 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Naik sepeda motor berkapasitas mesin besar (moge) mampu menjadi mimpi sebagian orang. Bahkan akhir-akhir ini akan jadi tren, dimulai dengan menjamurnya sepeda…

Sabtu 13 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jenewa -Toyota sudah mengonfirmasi bahwa pabrikan itu mulai melahirkan versi produksi dari konsep Toyota C-HR. Versi produksi crossover pesaing Honda HR-V ini mulai diperkenalkan pertama kali…

Rabu 6 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Ibarat tubuh manusia, mesin pada mobil juga harus melakukan pemanasan sebelum berolah raga agar terhindar dari kram. Pada setiap mobil baru biasanya…