Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

7 Tim Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan

Senin, Maret 7th 2016.

Manila – Tujuh tim mahasiswa Indonesia berhasil meraih penghargaan di ajang Shell Eco-marathon Asia 2016 yg digelar di Manila, Filipina, 3-6 Maret 2016.

Ketujuh tim tersebut adalah Sadewa (Universitas Indonesia), ITS Team 2 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Bengawan Team 2 (Universitas Sebelas Maret), Cikal Ethanol (Institut Teknologi Bandung), Horas Mesin (Universitas Sumatera Utara), Bumi Siliwangi Team 4 (Universitas Pendidikan Indonesia), dan Nakoela (Universitas Indonesia).

Tim Sadewa berhasil meraih juara pertama buat kategori mobil UrbanConcept yg memakai energi gasoline (bensin) dengan catatan rekor jarak tempuh 275 km/liter, atau beberapa kali lipat dari hasil kemenangan yg diraih tahun lalu.

“Ini adalah sebuah kemenangan yg tak pernah kita duga dan targetkan sebelumnya. Tahun lalu, mobil kita tak mampu masuk ke trek karena berbagai kendala teknis. Kali ini pun, baru pada kesempatan yg keempat, kalian berhasil melakukan putaran lengkap yg dinilai valid dan mencapai jarak 275 km/liter,” ujar Alfian Ibnu Pratama, Manajer Tim Sadewa, dalam informasi tertulisnya kepada Senin (7/3/2016).

BACA JUGA: 20 TIM WAKILI INDONESIA DALAM AJANG ADU IRIT SHELL DI MANILA

Selain Sadewa, ada lima tim mahasiswa Indonesia lainnya yg berjaya di kategori UrbanConcept. Mereka adalah ITS Team 2 yg meraih juara pertama dan Bengawan Team 2 yg meraih juara kedua buat kategori UrbanConcept dengan energi diesel (solar).

Selanjutnya, Cikal Ethanol yg meraih juara kedua dan Horas Mesin yg meraih juara ketiga buat UrbanConcept dengan memakai etanol sebagai alternative fuel (bahan bakar alternatif).

Dan terakhir adalah Bumi Siliwangi Team 4 yg dapat meraih juara kedua kategori UrbanConcept yg memakai macam energi baterai elektrik.

Sementara buat kategori Prototype, tim lainnya dari Universitas Indonesia, merupakan Nakoela juga meraih juara pertama buat kategori Prototype energi gasoline (bensin).

“Kami senang dan bangga dengan prestasi yg diraih tim mahasiswa Indonesia pada Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila, Filipina ini. Prestasi yg diraih tahun ini semakin mengukuhkan posisi tim Indonesia sebagai tim yg senantiasa diperhitungkan dalam ajang kompetisi mendesain, menciptakan dan mengendarai mobil paling hemat energi, yg secara rutin diselenggarakan oleh Shell,” kata Darwin Silalahi, Presiden Direktur Shell Indonesia.

“Hal ini terbukti selama tujuh tahun mengikuti ajang ini sejak 2010 lalu, tim mahasiswa Indonesia terus mampu meraih penghargaan di ajang Shell Eco-marathon Asia. Ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Indonesia memiliki kemampuan buat merancang mobil yg inovatif sekaligus memikirkan mengenai alternatif energi di masa depan,” imbuhnya.

Yang lebih menggembirakan lagi adalah dari tujuh tim yg berhasil meraih penghargaan dalam ajang Shell Eco-marathon Asia 2016 itu, tiga tim di antaranya, yakni Sadewa, Bumi Siliwangi Team 4, dan ITS Team 2, terpilih buat berangkat ke Drivers’ World Championship di Shell Eco-marathon Eropa 2016 yg mulai digelar di London, Inggris, pada Juni mendatang. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article 7 Tim Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan

Sabtu 12 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Mazda berhasil merebut predikat mobil terbaik di Jepang periode 2015-2016 buat model unggulannya, MX-5. Ajang penghargaan prestisius ini dihelat di Tokyo International…

Sabtu 5 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bogor -Ketatnya persaingan di tengah perlambatan ekonomi yg diprediksi masih mulai berlangsung hingga tahun depan, disikapi serius para perusahaan otomotif. Perusahaan bakal lebih selektif memilih segmen…

Selasa 9 Februari 2016 | Berita Otomotif

Sentul -Suzuki Satria F150 kini mengusung mesin injeksi terbaru. Suzuki mengklaim mesin ini sangat bagus sehingga Suzuki berpikir bagi memasang mesin tersebut di model motor lainnya.…